Friday, June 5, 2015

Tahukah Anda Khasiat Buah Langsat !!! done

Perbezaannya adalah buah langsat ini rasanya lebih asam dibandingkan dengan buah duku yang memiliki rasa yang manis. Untuk kulitnya, kulit duku lebih tebal dibandingkan kulit dari buah langsat. Ini lah yang menjadi salah satu faktor yang membuat buah langsat tidak dapat bertahan lama pada suhu ruangan. Dalam beberapa hari saja, langsat bisa cepat mengalami pembusukan sedangkan duku akan bertahan lebih lama. Manfaat buah langsat dibandingkan dengan manfaat buah duku tidak kalah banyaknya.
Seperti jenis-jenis buah lain, buah langsat selain enak untuk dikonsumsi juga memiliki banyak manfaat. Jika belum begitu mengenal manfaat yang dimiliki buah yang memiliki rasa sedikit asam ini, di bawah ini akan dijelaskan berbagai manfaatnya.
  1. Manfaat Buah Langsat untuk membantu program diet
Anda sedang menjalani diet? Tambahkan buah langsat sebagai salah satu menu camilan anda. Diet tentu akan membuat anda harus mengkonsumsi banyak buah-buahan yang notabene adalah makanan yang sehat. Menggantikan camilan seperti gorengan dengan buah-buahan seperti langsat akan membantu anda lebih cepat mendapatkan hasil dari diet yang anda jalani.
Buah langsat memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam. Salah satunya adalah serat. Serat yang terkandung di dalam buah langsat ini akan membantu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu jika anda mengalami sembelit, anda juga dapat mengkonsumsi buah langsat agar buang besar menjadi lebih lancar.
  1. Buah langsat dapat digunakan sebagai obat penyakit kanser
Buah langsat, selain daging buahnya yang bisa dikonsumsi, kulitnya pun bisa dijadikan sebagai obat untuk penyakit kanker. Dari kandungan yang terdapat banyak nutrisi, mineral, vitamin dan serat ini lah yang dikatakan dapat berguna untuk mengobati kanker yang berhubungan dengan sistem pencernaan kita.
  1. Buah langsat untuk menyembuhkan gejala demam
Kandungan buahnya yang sangat banyak dipenuhi oleh Vitamin dan beragam nutrisi lainnya menjadikan buah langsat sebagai buah yang juga memilki khasiat untuk menyembuhkan sakit demam. Bagian bunga langsat yang dapat dijadikan sebagai obat untuk yang sedang menderita demam atau panas adalah bagian bijinya. Rasa dari biji langsat memang pait, tapi jangan kawatir. Biji langsat ini dapat digunakan sebagai obat.
Untuk mengolah biji buah langsat menjadi obat panas atau demam adalah dengan mengeringkannya terlebih dahulu. Setelah biji kering (bisa dioven, dijemur atau disangrai) lalu biji-biji tersebut dapat langsung ditumbuk hingga halus. Setelah itu, biji yang sudah halus tersebut diseduh dengan air hangat.

  1. Buah langsat si penyembuh cacing dalam badan
Jika anda memilki seorang anak yang menderita penyakit cacingan, gunakan biji buah duku untuk mengobati penyakit cacingan pada anak anda itu. Jangan anggap sepele penyakit cacingan lho. Biji buah langsat yang halus akan sangat berguna sekali untuk menyembuhkan penyakit cacingan. Nah, silahkan dicoba untuk menggunakan biji buah langsat sebagai obat cacingannya.
  1. Buah langsat sebagai pengusir nyamuk 
Buah langsat selain buahnya dapat dimakan, kulit serta bijinya pun yang juga dapat diambil manfaatnya ternyata juga memiliki manfaat lain. Apakah manfaat tersebut? Buah langsat ternyata bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Beberapa penelitian menunjukan dan membuktikan bahwa zat yang terdapat pada kulit buah langsat tidak disukai oleh nyamuk.
Cara menggunakan kulit buah langsat sebagai pengusir nyamuk adala dengan terlebih dahulu mengeringkan kulit buah langsat yang sudah anda siapkan. Jika kulit buah langsat sudah kering, anda dapat membakar kulit yang sudah kering tersebut. Bau dari pembakaran kulit buah langsat dapat menjadi pengusir nyamuk dan juga sudah terbukti aman. Tidak seperti obat nyamuk yang ada di pasaran, menggunakan kulit buah langsat tidak akan mengganggu pernafasan dan aman bagi anak anda.
  1. Ingin gigi dan tulang mejadi kuat? 
Buah langsat juga mengandung fosfor yang tidak sedikit. Seperti yang sudah kita ketahui, fosfor ini berguna sebagai zat pembentuk tulang dan gigi. Mengkonsumsi makanan seperti buah langsat yang mengandung zat fosfor dapat membantu menguatkan tulang-tulang serta gigi kita. Selain itu, dengan asupan zat fosfor akan mencegah pengeroposan pada tulang dan gigi.
  1. Luka terkena gigitan kalajengking? 
Ya, benar sekali. Buah langsat khususnya bagian kulit batangnya dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati luka bekas gigitan serangga seperti kalajengking. Cara menggunakan kulit pohon buah yang satu ini adalah dengan mengambil zat tepung yang tersimpan pada bagian kulit pohon. Zat tepung tersebut lalu dioleskan pada bagian yang digigit oleh serangga dan didiamkan sampai mongering. Lakukan proses pengobatan ini hingga beberapa kali sampai luka gigitan tersebut sudah tidak bengkak lagi dan benar-benar sembuh.
  1. Buah langsat dapat menjadi ubat untuk menyembuhkan sakit malaria
Penyakit malaria adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk penyebab malaria ini adalah nyamuk yang sudah terinfeksi parasite plasmodium. Sehingga ketika menggigit manusia, parasite di dalam tubuh nyamuk akan terbawa masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan.
Jika dengan obat biasa tidak bisa dan mungkin anda juga mengkhawatirkan efek sampingnya, anda bisa menggunakan kulit dari pohon buah langsat. Beberapa penelitian pun sudah membuktikan keampuhan tanaman buah langsat dalam mengobati malaria.
  1. Disentri tidak kunjung sembuh, ubati dengan buah langsat
Mungkin anda bertanya mengenai kebenaran disentri yang dapat disembuhkan oleh buah langsat. Namun, asal tahu saja bahwa sudah banyak yang membuktikan hal tersebut dan bisa dikatakan cukup ampuh. Bagian dari langsat yang digunakan untuk mengobati disentri ini adalah kulit pohon langsat.
  1. Buah langsat berguna bagi kecantikan
Jika anda menyangkat bahwa manfaat buah langsat hanya sebatas untuk manfaat kesehatan, maka anda salah. Dari segi estetika, buah langsat khususnya ekstraknya dapat digunakan sebagai pemutih dan pencerah kulit kita.
  1. Langsat dipercaya dapat menjauhkan kita dari radikal bebas
Buah langsat selain dapat dimanfaat sebagai obat pencegah atau untuk mengobati kanker kolon, ternyata juga bisa untuk mengusir radikal-radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Artinya kita juga akan dijauhkan dari berbagai penyakit lain yang mungkin mengintai kesehatan kita dengan mengkonsumsi si buah mirip duku, buah langsat.
Ampuh menghindari radikal bebas :
  1. Langsat sumber karbohidrat
Walaupun kita mungkin lebih mengenal buah langsat sebagai buah yang memiliki rasa asam, fakta lain menyebutkan jika buah langsat mengandung banyak karbohidrat yang jika dikonsumsi akan sangat baik. Ini lah yang membuat buah langsat menjadi buah yang cocok untuk menggantikan camilan tidak sehat anda.
Sumber karbohidrat Lainnya :

Kandungan Gizi Langsat

Buah langsat yang kaya manfaat jelas membuktikan jika buah yang satu ini memang mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kandungan gizi yang terdapat di dalam 100 gram buah langsat, terdapat:
  • 10 kal kandungan kalori
  • 13 gram kandungan karbohidrat
  • 0,7 gram kandungan mineral
  • 1 gram kandungan protein
  • 0,9 mg kandungan zat besi
  • 0,2 gram kandungan lemak
  • 18 mg kandungan kalsium
  • 9 mg kandungan fosfor

Buah Langsat Untuk Olahan Makanan

Buah langsat buah yang termasuk ke dalam suku Maliceae ini tergolong buah yang dapat hidup di daerah tropis. Selain manfaat yang melimpah baik dari segi gizi atau rasanya yang enak jika dikonsumsi, kita dapat pula menggunakan buah langsat untuk berbagai kreasi hidangan. Di antaranya:
  • Buah langsat bisa digunakan untuk olahan makanan seperti dodol atau pudding.
  • Buah langsat dapat diproduksi menjadi selai buahyang langsat yang memilki rasa l
  • lazat yang sangat khas.
  • Buah langsat dapat diolah menjadi salah satu bahan untuk komposisi makanan Cocktail.
CINTA : Wahhh banyak sungguh khasiat buah langsat yang saya tak tahu sebenarnya.Selepas baca artikel baru saya tahu tentang khasiat buah ni.Selalunya saya tahu makan saja.Selamat membaca ya kawan-kawan.

No comments:

Post a Comment