Saturday, June 6, 2015

Tahukah Anda Khasiat Buah Kundur !!!

Buah kundur sering kita kenal dengan nama buah beligo atau baligo merupakan sejenis buah yang pohonnya tumbuh merambat. Kundur termasuk dalam genus benincasa dan keluarga cucurbitaceae. Oleh masyarakat, ia biasanya digunakan sebagai sayur.
Tanaman Buah Kundur
Buah dengan nama latin benincasa hispida ini memiliki nama yang berbeda-beda dimasyarakat Indonesia, di Aceh dikenal dengan kundo, di Batak dikenal dengan gundur, di Minangkabau kundus, di lampung dikenal dengan nama serdak, di masyarakat jawa disebut beligo, di Madura dikenal dengan nama kondur, di NTT disebut Lela, sementara di pulau Timor dikenal dengan komelingan.
Ciri-ciri buah kundur
  • Kulit buah terasa halus
  • Saat masih mentah kulit buah memiliki bulu-bulu halus, dan jika sudah tua atau matang, bulu-bulu tersebut akan hilang
  • Bentuk buah bulat memanjang, bisa mencapai dua meter
  • Batang pohonnya berkayu, lunak, berbulu, dan berwarna hijau
  • Tumbuh merambat atau menjalar di tanah
  • Memiliki daun tunggal berbentuk bulat dengnan ujung lancip dengan panjang berkisar 10-17 cm dan lebar berkisar 9-15 cm
  • Tangkai daun bulat berwarna hijau dengan panjang berkisar 10-15 cm.
  • Berbunga tunggal dengan kelopak berbentuk corong, memiliki cangap, halus, berwarna hijau. Putik bunga dan mahkota berwarna kuning, memiliki bulu-bulu yang halus.
  • Memiliki biji yang keras, pipih dan berwarna putih dengan panjang berkisar 6-7 mm dan lebar 5-6 mm
  • Berakar tunggal dengan warna putih kotor
Kandungan nutrisi

Selain digunakan sebagai bahan pembuatan sayur, ternyata buah kundur juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman, yaitu dengan cara mengambil ekstrak buah kundur sebagai juice. Berikut ini beberapa manfaat dari buah kundur :
1. Dapat mendinginkan tubuh
Buah kundur sangat kaya akan air, kandungan air di dalam buah beligo mencapai 97%. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa air merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh, sebagian besar dari tubuh kita terdiri atas unsur air. Salah satu manfaat airbagi tubuh yaitu sebagai zat pengatur. Selain itu, air juga sangat berperan dalam melarutkan zat makanan serta membantu penyerapan nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu buah kundur dipercaya mampu mengatasi gejala panas dalam, demam, radang tenggorokan, serta bibir pecah-pecah.
2. Menurunkan kolesterol
Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol pada membran sel yang disirkulasikan dalam darah. Buah kundur mengandung serat yang cukup tinggi, namun tingkat kandungan kalori  di dalamnya cukup rendah. Kandungan serat berfungsi untuk membantu penyerapan karbohidrat dan lemak dalam tubuh, serta membantu pembuangan sisa-sisa zat makanan yang telah diserap tubuh dalam bentuk tinja.
3. Menurunkan gula darah
Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah kundur, dapat menurunkan kadar gula dalam darah pada pasien penderita diabetes melitus. Penurunan kadar gula disebabkan oleh menurunnya jumlah karbohidrat yang diserap oleh tubuh, serta adanya peningkatan reaktivitas insulin yang terjadi akibat fitokimia yang terdapat dalam kundur
4. Menurunkan berat badan
Buah kundur memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dari 100 gr sajian hanya menyumbangkan 13 kcal kalori. Oleh karena itu para ahli diet sangat merekomendasikan buah kundur untuk program penurunan berat badan.
5. Menurunkan risiko kanser
Salah satu keunggulan buah kundur adalah dengan terkandungnya manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami dalam tubuh. Fungsi vitamin C dalam buah kundur bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas yang mengembangkan resiko perkembangan kanker.
6. Mengatasi sembelit
Kandungan air dalam buah kundur bermanfaat untuk membantu proses pencernaan dengan memperlancar pergerakan makanan dalam usus, hingga akan dibuang dari tubuh dalam bentuk tinja.
7. Melindungi sistem pencernaan tubuh
Buah kundur memiliki sifat memperkuat usus. Kegiatan anabolik biji kundur membantu untuk pertumbuhan jaringan baru. Air dan nutrisi serat di dalamnya memiliki sifat menyeimbangkan keasaman. Jadi saat terjadi gangguan pencernaan atau selama hyper keasaman, salah satu alternatif untuk mengatasinya adalah dengan minum jus buah kundur. Manfaat buah juga memiliki sifat menyeimbangkan basa dalam tubuh dan usus.
8. Menghilangkan racun dalam tubuh
Mengkonsumsi jus buah kundur dapat membantu tubuh menetralkan kandungan racun dalam tubuh, yang terbawa oleh makanan, minuman ataupun udara yang kita hirup.
9. Meningkatkan produksi urine
Di musim panas, kita sering mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan terjadinya produksi keringat secara berlebihan, yang akan berdampak pada timbulnya masalah saat  buang air kecil. Asupan jus buah kundur dapat membantu menyeimbangkan tingkat air dalam tubuh. Hal ini akan membantu meningkatkan sekresi urin.
10. Anti inflamasi
Inflamasi terjadi karena beberapa hal, seperti karena alergi udara maupun alergi makanan. Kandungan anti inflamsi dalam buah kundur dapat membantu meringankan keadaan tersebut.
11. Mengubati asma
Buah kundur memiliki sifat balancing vata, pitta dan kapha (keseimbangan tridosha). Karena sifat ini membantu tubuh untuk mendapatkan sensasi dingin pada tubuh. Hal ini juga berguna untuk mengobati asma, seperti pada obat tradisioal lain 
12. Mengatasi insomnia
Seseorang yang terkena insomnia bisa disebabkan oleh berbagai alasan seperti stres, beban kerja, ketegangan, maupun alasan yang lain. Manfaat buah kundur yang dikonsumsi secara teratur dapat mengatasi gangguan tersebut.
13. Menyihatkan organ ginjal
Para peneliti dari Institute of Feed and Food, Jiangsu Academy of Agriculture Science, China menyatakan bahwa jus dan ekstrak buah kundur, terbukti melancarkan buang air kecil. Hal ini akan mengurangi persentase kerusakan ginjal dan menurunkan kadar kreatinin secara signifikan.
14. Menyembuhkan radang usus dan lambung
Sifat anti ulcerogenik yang terdapat pada manfaat buah kundur, dapat menyembuhkan peradangan usus yang diakibatkan oleh panas dalam serta mengurangi radang lambung yang diakibatkan oleh stres. Pengobatan herbal lainnya yang bisa digunakan untuk radang usus
15. Menyembuhkan edema
Edema merupakan pembengkakan yang terjadi pada kaki atau pergelangan kaki yang disebabkan karena adanya penumpukan cairan secara abnormal dalam jaringan. Mengkonsumsi buah kundur secara rutin, dipercaya mampu mengurangi gejala tersebut.

Efek sampingan Buah kundur

Selain membawa banyak manfaat, kandungan buah kundur juga dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh, diantaranya adalah :
  • Efek dingin yang ada dalam buah kundur sangat tidak baik bagi penderita rheumatik. Sehingga bisa menambah rasa nyeri pada tubuh si penderita.
  • Buah kundur yang masih muda banyak mengandung kalsium oksalat yang dapat menimbulkan iritasi di mulut. Untuk mencegahnya hal tersebut, buah kundur harus dibersihkan terlebih dahulu dari getah sebelum proses pengolahan dengan air garam yang dicampur dengan kapur sirih.
  • Bagi seseorang dengan riwayat gangguan ginjal ada baiknya untuk menghindari konsumsi buah kundur. Hal ini dikarenakan kandungan kandungan kalsium oksalat dalam buah kundur, dapat membentuk batu ginjal.
Air merupakan kandungan utama dari buah kundur, dimana kegunaannya adalah untuk mengatur suhu tubuh. Selain itu buah kundur kaya akan serat dan kalori yang baik untuk memperlancar program diet serta dapat mengurangi tingkat kolesterol dan kadar gula dalam darah. Hal inilah yang membuat buah ini cocok untuk dikonsumsi segala usia, namun jangan berlebihan agar bahaya efek sampingnya tidak terjadi pada diri anda.
CINTA : Jangan tahu minum air teh kundur dan makan apa yang mak kita masak je.Sebenarnya banyak khasiat buah kundur ni.Sedikit perekongsian ilmu daripada saya.

1 comment:

  1. Manfaat Tersembunyi buah kundur (Baligo) Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete