Thursday, June 18, 2015

Tahukah Anda Khasiat Buah Bacang Atau Macang !!!

Anda mungkin secara sepintas tidak mengetahui apa itu buah bacang. Buah bacang sendiri sepintas msangat mirip dengan buah mangga. Bacang sendiri adalah buah yang masih serumpun dengan buah mangga dan memiliki nama latin Mangifera foetida Lour. Pohonnya cukup besar dengan memiliki batang lurus, yang dapat mencapai ketinggian 30-35 m. Pohon dari buah bacang ini jika dilukai kayunya mengeluarkan getah yang jika terkena kulit akan membuat kulit terasa cukup gatal.
Buah bacang ini mempunyai kulit yang berwarna hijau, kuning dan berbintik. Pada umumnya ketika masih muda buah bacang dapat digunakan untuk campuran sambal dan jika setengah matang dapat juga diperuntukkan untuk campuran rujak.
Namun jika sudah masak, buah bacang ini memiliki daging buah yang berwarna kuning dengana aroma khas serta memiliki getah. Daging dari buah bacang ini memiliki serat yang cukup banyak namun sayang wanginya tidak begitu digemari.
Berdasarkan penelitia , dalam setiap 100 gram buah bacang yang dikonsumsi sebanyak 65 %, memiliki kandungan energi sebesar 98 kilokalori, protein 1.4 gram, karbohidrat 25.4 gram, lemak 0.2 gram, kalsium 21 miligram, fosfor 15 miligram, dan zat besi 0 miligram. Selain itu di dalam Buah Bacang juga terkandung vitamin A sebanyak 1218 IU, vitamin B1 0.03 miligram dan vitamin C 56 miligram.
Ada banyak yang dapat dimanfaatkan dari bacang, untuk kayunya walaupun memiliki kualitas yang tidak begitu baik, namun dapat juga dipergunakan untuk konstruksi ringan didalam rumah. Sedangkan untuk segi kesehatan, daun dari tanaman bacang ini dapat dimanfaatkan untuk menurunkan demam, sedangkan untuk bijinya dapat dipergunakan untuk mengobati beragam penyakit jamur seperti kudis dan eksim.
CINTA : Sebut pasal buah bacang ni kalau dihalaman rumah nenek saya memang banyak buah ni.Memang tak termakan kalau tiba musin buah bacang.Kadang-kadang arwah nenek suruh kutip dan pergi jual untuk dapatkan duit belanja.

No comments:

Post a Comment